Powered By Blogger

Minggu, 20 Maret 2011

Kenapa kita harus mengakui IDEOLOGI NEGARA INDONESIA adalah PANCASILA

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.


Kenapa kita harus berpancasila? mungkin pertanyaan itu yang selalu ada dalam benak mahasiswa, terutama mahasiswa yang mempelajari poitik, orang-orang baru yang masih awan akan sebuah ideologi dan lebih mengedepankan Ego dalam fikirannya, disini adalah murni apa yang saya fikirkan, murni pendapat dan silahkan di debat..

Pancasila, adalah ideologi bangsa yang diambil dari saripati keanekaragaman budaya dan bahasa serta adat istiadat diseluruh tanah Bangsa Indonesia, dari Sabang  -> Merauke, dari Miangas -> Rote, dapat mempersatukan Bangsa Indonesia yang beraneka ragam tersebut, dari dulu sampai sekarang perdebatan tentang Pancasila terus berkembang, banyak orang ingin menggulingkan dan menggantinya dengan yang lain, karena faktor politik dan ingin mendapatkan kekuasaan semata.. lalu kenapa Pancasila tetap hidup? karena kita mempertahankannya, kita adarah pewaris Pancasila, dengan ajaran Kenegaraan yang baik dan Cita-cita Bangsa yang jelas, yaitu Mewujudkan Kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mungkin banyak orang yang mulai meragukan terwujudnya hal demikian, tapi apakah tidak mungkin hal itu di wujudkan?? mungkin saja dan sangat bisa di wujudkan apabila semua elemen masyarakat faham akan arti Pancasila secara luas, bukan secara sempit.
Cita-cita bangsa tak terbatas hanya untuk Golongan Agama tertentu, tak terbatas kelompok, suku dan Ras tertentu,tapi intuk keseluruhan masyarakat Indonesia. apalah jadinya jika kita pewaris bangsa Indonesia tidak bangga dengan Jatidiri bangsanya sendiri, lebih menyukai fikiran-fikiran luar dan menganggap Primitif  fikiran sendiri..? hanya keterjajahan intelektual saja yang akan kita terima, sudah saatnya kita ketahui PANCASILA itu apa dan bangaimana yang harus kita lakukan agar panasila tetap hidup.. agar cita-cita dan arah tujuan bangsa kita tetap jelas, cintai dan amalkan Pancasila, Pancasila tidak menyuruh kita tidak menjalankan agama kita masing-masing, pancasila tidak menyuruh kita meninggalkan norma kebiasaan kita di daerah masing-masing, Pancasila tidak menyuruh untuk kita menjadi buruk, Pancasila mewadahi kita yang berbeda Agama, Suku dan Budaya bersatu dalam kebangsaan Indonesia. mewadahi kita agar saling mengerti perbedaan, karena perbedalah akhirnya kita bersatu.

Salam Persatuan Untuk kawan-kawan seluruh Indinesia




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar