Powered By Blogger

Minggu, 27 Maret 2011

Sebuah bukti cinta kami pada Negara Kesatuan Republik Indonesia

LAMBANG RESIMEN MAHASISWA INDONESIA




LAMBANG RESIMEN MAHAWARMAN JAWA BARAT



Tulisan ini saya buat murni karena rasa kebanggan dan kesetiaan kepada kesatuan saya Menwa Mahawarman Batalyon II/Unpad. dimana saya mendapatkan pendidikan dan latihan keprajuritan, yang betul-betul membentuk mental dan karakter saya kearah lebih baik.
Banyak Orang/Mahasiswa yang menyatakan diri cinta pada negara, tapi tidak semua OrangMahasiswa merealisasikan dalam dunia nyata.

Awal mula tulisan ini saya akan memperkenalkan singkat  menwa dulu kepada pembaca semua
Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah salah satu komponen pendukung sebagai kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa bermarkas di perguruan tinggi dan beranggotakan para mahasiswa yang terpanggil untuk membela negeri. Menwa didirikan ketia keluarny Surat Keputusan Menteri Koordinator Komponen Pertahanan dan Keamanan DR. A.H. Nasution Jenderal TNI yang mengesahkan Duaja Resimen Mahawarman. Penyerahan Duaja dilakukan oleh Menko sendiri. Garuda Mahawarman resmi berdiri berdampingan dengan Harimau Siliwangi.

Ada sedikit cerita waktu pendirian menwa, menwa dilatih dan di perenjatai, suatu waktu PKI merasa cemburu pada Menwa Aidit(pimpinan PKI) meminta kepada Presiden Soekarno agar membubarkan Menwa dan di bentuk angkatan  ke-5 yaitu Buruh yang di persenjatai, tapi Bung Karno menolak, ketika ditanya bungkarno berkata "Mereka (Menwa) adalah penerus revolusioner indonesia,"

banyak mahasiswa terutama yang tidak tahu Menwa samasekali  yang menyatakan kami adalah Intel kampus, Organ Kekerasan fisik, robot pemerintah, mahasiswa yang menganggap diri eklusif dan sok eksis ala militer dan sebagainya.

disini saya akan melakukan pembelaan, pernyataan saya ini murni pemikiran saya pribadi tidak ada interfensi dan menunjukan apa yang ada dalam diri Menwa itu sendiri yang saya alami dan saya rasakan..

apa yang di kemukakan teman-teman kebanyakan pastilah berdasar, karena melihat kami bersikap "ala" Tentara, disiplin, taat perintah, berstruktur komando dan bermain dengan Senjata(api). kamipun dlatih oleh dua institusi milik penerintah yaitu TNI (Matra Darat,Laut,Udara) dan Polri (Brimob), tapi apakah kami langsung dapat dikatakan alat pemerintah? dalam Politik tidak tapi dalam hal pengabdian ia, kamipun sama seperti mahasiswa pada umumnya, tapi kami  mengabdi dengan cara berbeda. mungkin mahasiswa identik dengan demo, unjuk rasa turun kejalan dan bakar ban.. kami tidak, perjuangan kami lebih cenderung pada aspek pertahanan negara, kami BUKAN TENTARA kami RESIMEN MAHASISWA Sipil terlatih yang siap kapan saja dipanggil untuk ikut serta dalam mempertahankan Negara tanpa diminta.Indonesia bukan cuma TNI/POLRI yang berkewajiban mempertahankannya tapi seluruh aspek yang ada termasuk Sipil/Masyarakat.. lalu untuk apa Indonesia harus di pertahankan? yaa.. untuk keamanan dan terjaminnya kesetabilan dan kemanan dalam negeri, Jangan sampai kita diobok-obok asing yang cuma mau mengeruk keuntugan di dalam negara  kita, terutama dalam hal perebutan secara fisik (Penjajahan Politik, Ekonomi seperti zamaKolonialisasi). Kami hanyalah Putra dan Putri Bangsa, Warga Negara Republik Indonesia yang sadar bahwa masadepan Indonesia sangatlah kompleks,  kami tak hanya ingin hanya berucap dan bercakap-cakap, kami Cinta Negara ini dan turun langsung dalam barsisan terdepan yang membelanya, perjuangan kami disini benar -benar bukan sekedar kata-kata tapi juga perbuatan, masuk menwa tidak mudah, harus lolos seleksi Fisik dan kejiwaan, pendidikannya pun berat, tak jarang mahasiswa yang bermental lembek meminta pulang dalam pendidikan, kami bukan omong kosong, kami aksinyata. NKRI harga mati.. ada dalam darah kami ada dalam setiap hembusan nafas kami karena NKRI merefleksikan sebuah bentuk Negara tanpa pembeda dan eklusifitas golongan tertentu baik Suku, Agama dan Ras.. kita satu tujuan untuk kemakmuran Indonesia. Betapa Indahnya Indonesia tetap sebesar Indonesia yang sekarang, baik wilayah dan hegemonitas penduduknya, dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau sambung menyambung menjadi satu ITULAH INDONESIA.


Bhakti Menwa Untuk Indonesia
Berlatih





Dharma Bhakti Timor-Timur




Kalau anda Mahasiswa Saya Tantang anda bergabung dengan Resimen Mahasiswa..!!
Salam Hangat dari Anggota Resimen Mahasiswa Mahawarman batalyon II/Unpad untuk Rakyat Indonesia yang kami cintai.. Kami mencintai Kalian, seperti mencintai dirikami sendiri...!!


Moto Kami :   "WIDYA CASTRENA DHARMA SIDDHA"
 yang berarti : "Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan"

menutup tulisan ini, saya mengutip kata-kata abang saya di Menwa Unpad, yang selalu beliau ucapkan.  Bang Esron Siregar  yang menginspirasi yaitu : "Lebih baik Pulang nama, daripada gagal dalam Bertugas" Untuk Keutuhan NKRI, kita bela sampai MATI.

Salam Mahasiswa berintelektual...!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar